Thursday 25 September 2014

Tagged Under:

Tips Ampuh Agar Smartphone Android Tidak Mudah Kena Virus

By: Unknown On: Thursday, September 25, 2014
  • Share This
  • Dewasa ini perkembangan smartphone semakin pesat, hal tersebut tidak lepas dari hadirnya sistem operasi android milik google. Bahkan gara – gara OS tersebut kini Samsung bisa merajai pangsa pasar smartphone dunia, terlebih hampir setiap tahunnya selalu ada versi terbaru dari android yang membuatnya semakin sulit untuk disingkirkan oleh para sistem operasi pesaingnya.
    Aplikasi Antivirus Untuk Android TerbaikNamun keberhasilan yang diperoleh android tentunya tidak disukai oleh semua kalangan, oleh karenanya kini banyak sekali virus dan juga malware yang menyerang perangkat berbasis android. Bahkan sebelumnya sebuah media teknologi sempat mensurvei jika pada google play store terdapat banyak aplikasi yang terinfeksi malware, tentunya hal tersebut membuat pengguna android cemas. Pasalnya pengguna perangkat android baik tablet ataupun smartphone kebanyakan mendapatkan aplikasi dari sana, sehingga wajar saja bila mereka cemas perangkatnya terserang malware atau virus.
    Buat anda yang tidak ingin perangkat androidnya terkena virus, sebaiknya lindungi perangkat anda sedini mungkin. Anda dapat melakukan beberapa cara pengamanan, salah satunya dengan memasang antivirus untuk perangkat android. Bila anda merasa hal tersebut belum bisa menjamin keamanan perangkat android anda, silakan lakukan tips agar smartphone android tidak mudah kena virusberikut ini.
    1. Pasang Antivirus
    Hal pertama yang harus anda lakukan untuk tindakan pengamanan adalah dengan memasang antivirus, sehingga bila ada virus atau malware lainnya yang berusaha menyerang smartphone anda bisa langsung terdeteksi.
    2. Scaning Virus
    Biasanya ada juga antivirus yang tidak mendukung vitur scan virus secara otomatis, oleh karenanya silakan lakukan scaning virus pada perangkat android anda secara berkala. Semakin sering semakin baik, sehingga anda dapat mengetahui apakah smartphone anda terserang virus atau tidak.
    3. Jangan Menginstal Aplikasi Bajakan
    Cara lainnya agar terhindar dari virus adalah dengan tidak menginstal aplikasi bajakan, biasanya aplikasi android bajakan banyak sekali mengandung malware. Tujuannya untuk penyadapan, atau sekedar untuk mengakses data – data pengguna.
    4. Segera Hapus Bila Ada Aplikasi yang Dicurigai
    Setelah melakukan scaning virus, dan ada beberapa aplikasi yang diduga sebagai virus sebaiknya segera hapus. Jika hal tersebut dibiarkan, maka perangkat android anda akan semakin terjangkit virus dan sulit untuk menghapusnya.
    5. Hindari Transfer File
    Kita tidak pernah tahu apakah perangkat android orang lain aman atau tidak dari virus, oleh karena itu sebaiknya hindari transfer file antar pengguna lainnya. Meski awalnya perangkat kita bebas dari virus, namun bila sudah pernah menerima file dari perangkat lainnya peluang untuk perangkat android kita terkena virus sangat besar.
    Nah itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk menghindarkan smartphone android anda dari virus. Memang tidak ada jaminan seratus persen jika melakukan tips di atas ponsel anda akan bebas dari virus, paling tidak anda sudah bisa mencegah virus yang akan menyerang ponsel anda.

    0 komentar:

    Post a Comment